pencil

Saudaraku, Hapuslah Software / Aplikasi Bajakanmu

Semakin berkembangnya teknologi, ternyata tidak sebanding dengan peningkatan pemahaman kita terhadap halal dan haram kegiatan kita sehari hari yang berhubungan dengan teknologi itu sendiri.

Sebagai contoh, sering kita temui atau bahkan kita sendiri mendapati sebuah aplikasi yang terpasang di perangkat komputer atau laptop kita namun kita tidak tahu asal muasal aplikasi itu Legal atau tidak Legal (sebelum kita membahasa halal atau haram nya aplikasi tersebut).

Maka dari itu, Penulis memohon Kepada Allah, semoga tulisan ini bermanfaat untuk penulis pribadi dan semua pembaca Safinah.id

Apa itu Software Bajakan?

Software Bajakan adalah Perangkat lunak (Software) yang kita dapat atau gunakan dengan melanggar ketentuan dari Pemilik Software tersebut yang dalam hal ini bisa di sebut Developer (pengembang / pembuat aplikasi).

Sedangkan pelanggaran tersebut pada umumnya adalah merubah sistem lisensi sehingga bisa langsung dapat digunakan tanpa registrasi atau membayar.

Apa Dampak Buruk Bagi Pemilik / Pengembang Aplikasinya?

Tentu saja bisa kita sebutkan bahwa dampak buruk bagi pengembang Aplikasi yang kita bajak adalah kerugian, baik itu kerugian materil (berupa uang misalnya) maupun non-materil (contohnya kerahasiaan data).

Lalu apa Dampak buruk Bagi Pengguna Pembajak Software?

Kebanyakan yang membajak sebuah aplikasi yang pertama adalah Cracker, dimana rata-rata tujuan mereka membajak dan mendristibusikan hasil bajakan nya adalah untuk memperoleh keuntungan.

Darimana si Cracker tersebut mengambil untung? Diantaranya adalah dari sistem yang mereka tanamkan di dalam aplikasi bajakan tersebut, atau sering kita sebut dengan Virus.

Virus ini bisa saja nantinya bisa membuat rusak komputer kita atau virus yang berupa keylogger yang mencatat aktivitas kita dengan perangkat yang kita pasang aplikasi bajakan.

Jadi berikut ini beberapa kerugian atau dampak buruk bagi Pengguna Aplikasi Bajakan:

  1. Rentan terkena Virus yang merusak komputer kita
  2. Komputer kita bisa di bajak juga oleh Cracker yang mendistribusikan software bajakan tersebut.
  3. Kita rentan terkena Pishing, adware, atau sejenisnya
  4. Kita berbuad Dzolim kepada pemilik software
  5. Kita melakukan sesuatu yang Allah Haramkan.
  6. Melanggar Hukum atau Undang-undang dan kita dapat dipidanakan.
  7. Menghalangi terkabulnya do’a dan terharalang dari beralamal Shalih

Berkenaan dengan kerugian point 4 dan 5, Penulis membawakan Perkataan Rasulullah صلى الله عليه وسلم

الْمُسْلِمُونَ عَلَى شُرُوطِهِمْ

“Kaum muslimin berpegang diatas syarat-syarat mereka” (HR. Abu Daud no 3594. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Sumber : Lajnah Da’imah (13/188) https://islamqa.info/ar/102352

Jika kita melanggar syarat-syarat dalam penggunaan aplikasi yang kita gunakan, maka kita termasuk orang yang melanggar Hadits Nabi صلى الله عليه وسلم di atas.

Adapun Untuk point 6, Menkuhunkam menyebutkan tentang hukuman bagi pembuat, pengguna, dan penjual Software bajakan Pasal 72 ayat (1): melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud Pasal 2 ayat (2) denda minimal Rp.1 juta dan\/atau pidana penjara minimal 1 bulan atau maksimal denda Rp. 5 miliar dan\/atau pidana 7 tahun. Pasal 72 ayat (2): mengedarkan atau menjual kepada umum suatu ciptaan hasil pelanggaran pidana maksimal 5 tahun dan\/atau denda maksimal Rp. 500 juta. Pasal 72 ayat (3): Individual end user dan corporate end user: 1. Perbanyakan secara ilegal; 2. Kepentingan komersial.

Menghalangi terkabulnya do’a dan terharalang dari beralamal Shalih

Terlebih lagi jika kita menggunakan aplikasi bajakan tersebut untuk bekerja, atau untuk aktivitas yang dengan software tersebut kita menghasilkan uang atau materi lainga kemudian kita makan bersat keluarga kita. Maka Allah peringatkam hal tersebut di dalam AlQur’an.

يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

“Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang thoyyib (yang baik), dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mu’minun: 51). Sa’id bin Jubair dan Adh Dhohak mengatakan bahwa yang dimaksud makanan yang thoyyib adalah makanan yang halal (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, Ibnu Katsir, 10: 126).

Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Allah Ta’ala pada ayat ini memerintahkan para rasul ‘alaihimush sholaatu was salaam untuk memakan makanan yang halal dan beramal sholeh. Penyandingan dua perintah ini adalah isyarat bahwa makanan halal adalah pembangkit amal shaleh. Oleh karena itu, para Nabi benar-benar memperhatikan bagaimana memperoleh yang halal. Para Nabi mencontohkan pada kita kebaikan dengan perkataan, amalan, teladan dan nasehat. Semoga Allah memberi pada mereka balasan karena telah member contoh yang baik pada para hamba.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 10: 126).

Bila selama ini kita merasa malas dan berat untuk beramal? Alangkah baiknya bila kita mengoreksi kembali makanan dan minuman yang masuk ke perut kita. Jangan-jangan ada yang perlu ditinjau ulang. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ الْخَيْرَ لاَ يَأْتِى إِلاَّ بِخَيْرٍ أَوَ خَيْرٌ هُوَ

“Sesungguhnya yang baik tidaklah mendatangkan kecuali kebaikan. Namun benarkah harta benda itu kebaikan yang sejati?” (HR. Bukhari no. 2842 dan Muslim no. 1052)

Baca Selengkapnya : https://rumaysho.com/2185-pengaruh-makanan-yang-haram.html

Lalu Apa Solusinya?

Solusinya tentu menghapus semua aplikasi aplikasi bajakan yang kita gunakan, baik itu di computer, laptop, handphone dan lain-lain.

Jika anda benar-benar membutuhkan aplikasi tersebut, ada 2 cara yang bisa dilakukan: 1. Memohon Pertolongan dan Perlindungan Allah Ta’ala dari yang Allah Haramkan. 2. Beli Aplikasi aslinya 3. Bersabar dan Bertawakal kepada Allah dengan tidak menggunakan Software bajakan

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman

{ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا } { وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ }

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS. Ath Tholaq: 2-3).

Dalam ayat ini diterangkan bahwa Allah akan menghilangkan bahaya dan memberikan jalan keluar bagi orang yang benar-benar bertakwa pada-Nya. Allah akan mendatangkan padanya berbagai manfaat berupa dimudahkannya rizki. Rizki adalah segala sesuatu yang dapat dinikmati oleh manusia. Rizki yang dimaksud di sini adalah rizki dunia dan rizki akhirat.

Sumber terjemahan dan penjelasan: https://rumaysho.com/1010-orang-bertakwa-tidak-pernah-merasa-miskin.html

4. Menggunakan Software atau Aplikasi Alternatif

Sebelum mengenal sunnah, Penulis juga salah satu penikmat software bajakan, hingga akhirnya Allah Ta’ala memberikan petunjuk dan pertolongan nya bagi kami untuk meninggalkan aplikasi-aplikasi tersebut. Dan menggantinya dengan Aplikasi yang memang bisa digunakan secara legal namun tetap mempunyai fungsi yang sama. Berikut ini adalah daftar-daftar Aplikasi Gratis yang bisa kami berikan dan kami kelompokan berdasarkan fungsinya.

Operating System (OS)

Silahkan periksa apakah OS anda bajakan atau asli, jika Anda menggunakan OS Windows pastikan dia bukan bajakan. Caranya dengan menbuka CMD (Command) pada windows Anda kemudian anda bisa memasukkan kode atau perintah seperti berikut: slmgr /xpr kemudian tekan enter.

Setelah itu akan muncul dialog pada windows script host. Apabila windows yang anda pakai asli maka anda akan melihat dibawah dialog dengan keterangan “The Machine is Permanently Actived”.

cara-cek-windows-ori-atau-tidak

Sumber els.co.id

Adapun alternatif OS yang bebas digunakan tanpa harus membayar adalah – Linux (Kami rekomendasikan Linux Mint atau Ubuntu)

Office atau Aplikasi untuk Kantoran

Kebanyakan kita menggunakan Microsoft Office untuk melakukan pekerjaaan-pekerjaan seperti mengetik, membuat laporan keuangan, presentasi dan lain-lain. Sebagai alternatif dari aplikasi tersebut adalah

  • -Libre Office http://www.libreoffice.org/
  • -WPS https://www.wps.com/
  • FreeOffice http://www.freeoffice.com/en/download
  • Google Docs https://docs.google.com/ (Online)
  • Microsoft Online https://www.office.com/ (Online)

Photo atau Image Editor

Bagi anda yang hobi mengedit gambar atau membuat vector, berikut aplikasi alternatif pengganti Adobe Photoshop .

  • GIMP https://www.techradar.com/reviews/gimp
  • Photo Pos Pro http://www.photopos.com/PPP3_BS/Default.aspx
  • Pixlr Editor https://pixlr.com/editor/ (Online)
  • PhotoPea http://photopea.com (Online)

Vector Editor

Alternatif dari vector editor seperti CorelDraw adalah

  • Inkscape
  • BoxySVG https://boxy-svg.com/ (Online)
  • Vectr https://vectr.com/
  • SVG-Edit https://svg-edit.github.io/svgedit/releases/svg-edit-2.8.1/svg-editor.html (online)

 

Code Editor

Jika anda adalah coder atau developer, kami sangat yakin anda sudah paham aplikasi-aplikasi coder atau text editor gratis yang bisa Anda gunakan tanpa harus membajak.

  • Sublime Text versi gratis
  • atom atom.io
  • Visual Studio
  • VIM
  • Bracket.io
  • Notepad+

Demikianlah beberapa alternative aplikasi yang bisa anda gunakan sebagai pengganti aplikasi yang mungkin ternyata adalah bajakan dan ada di Laptop atau Komputer kita. Jika alternative lain tidak anda temukan, anda bisa mencari di website https://alternativeto.net/ dengan mengetikan nama aplikasi yang anda cari alternatif nya, atau dengan mengetikan di google “Alternatif Software “Nama Softwarenya”.

Akhirnya, kembali penulis memohon kepada Allah semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga Allah memberikan kita Hidayah dan Taufiq agar kita benar-benar bisa menerapkan islam secara Kaffah dalam kehidupan kita sehari-hari.

Baturaja, Ahad 1 Juli 2018