pencil

Sudahkah Anda Shalat?

Segala puji dan syukur kita berikan kepada Allah سبحانه وتعالى, atas nikmat dan karuniaNya sehingga kita mampu menerapkan firman Allah  سبحانه وتعالىyang tertera dalam al Quran pada surat Adz Dzdzariyat ayat 55 yang berbunyi:

{وذكر فإن الذكرى تنفع المؤمنين}

Artinya: “Dan saling mengingatkanlah engkau karna sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang mukmin.

Begitu pula dengan sabda nabi kita Muhammadصلى الله عليه وسلم:

الدين النصيحة

Artinya: “Agama itu adalah saling menasehati.” (H.R. Muslim 55)

Oleh karena itu semoga nasehat berikut dapat diterima oleh siapa saja yang membacanya Allahumma aamiin..

***

Sudahkah anda sholat?

Ketahuilah, pertanyaan ini adalah pertanyaan tentang perkara yang sangat penting dalam agamamu, perkara tersebut ialah rukun kedua dari rukun islam yang lima,yang tertera dalam sebuah hadits diriwayatkan oleh sahabat Nabi yang mulia Umar bin Khattab  رضي الله عنه, “Nabi صلى الله عليه وسلم pernah ditanya oleh malaikat Jibril ‘alaihissalam tentang islam, maka Nabi menjawab, “Islam itu adalah engkau mengucapkan dua kalimat syahadat, mendirikan shalat, membayar zakat, puasa dibulan ramadhan, dan menunaikan haji tatkala engkau mampu.” (H.R. Muslim)

Sudahkah anda sholat?

Pertanyaan ini mempertanyakan tentang tiang agamamu, yang mana apabila perkara itu sudah engkau perhatikan lalu engkau laksanakan, maka engkau akan mampu membangun agamamu dengan kokoh.

Dalam sebuah riwayat disebutkan:

الصلاة عماد الدين

 “Shalat adalah tiang agama.”

Begitu pula nabi صلى الله عليه وسلم bersabda dalam sebuah hadits:

رأس الأمر الإسلام وعموده الصلاة وذروة سنامه الجهاد

Artinya: “Pokok perkara itu adalah keislaman, lalu tiangnya adalah shalat dan puncaknya ialah jihad.” (HR Ahmad 5/231 & Tirmidzi 2616)

 

Sudahkah anda shalat???

Pertanyaan ini kelak akan menjadi pertanyaan awal untuk seluruh amalan-amalanmu yang akan dihisab nanti pada hari kiamat.

Dalam sebuah hadits, Nabi  صلى الله عليه وسلم bersabda:

“إن أول ما يحاسب به العبد يوم القيامة من عمله صلاته فإن صلحت فقد أفلح وأنجح وإن فسدت فقد خاب وخسر”

Artinyaa: Sesungguhnya dihari kiamat yang pertama kali dihisab dari amalan seorang hamba adalah shalatnya, apabila baik shalatnya maka dia akan selamat dan apabila buruk shalatnya maka dia akan merugi.” (H.R. Abu Daud 864 & Tirmidzi 413)

Sudahkah anda shalat?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan tentang suatu hal yang kelak diakhirat nanti dapat menyebabkanmu dimasukkan kedalam neraka “SAQOR” apabila engkau tidak melaksanakannya.

Allah سبحانه وتعالى berfirman dalam Al-Quran :

 ((ما سلككم في سقر قا لوا لم نك من المصلين))

Yang artinya: “Apakah yg memasukkan kalian ke dalam neraka saqor? mereka menjawab,: “kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat.” (QS. Al-Muddatstsir :42-43)

Sudahkah anda shalat?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang mempertanyakan hubungan mu dengan Rabb mu, sudahkah engkau meperbaiki hubungan mu dengan Rabbmu? Sungguh perkara ini lebih pantas engkau perhatikan. Tatkala hubungan itu telah engkau perbaiki, maka seluruh doa-doa mu akan terkabulkan, seluruh keluh kesah mu akan didengar, serta seluruh urusanmu akan dimudahkan, karna didalam shalatmulah engkau amat dengan Rabbmu, sebab nabiصلى الله عليه وسلم  bersabda:

” أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد فأكثروا الدعاء “

Artinya: “Saat yang paling dekat seorang hamba dengan Rabbnya yaitu tatkala ia sujud, maka perbnyaklah doa (ketika itu). (H.R. Muslim)

Untuk itu, masihkah engkau menjawab pertanyaan diatas dengan jawaban “belum” , “tidak” ataupun “nanti”?.

Jangan!

Segeralah laksakan shalat, kejarlah akhiratmu , niscaya duniamu akan mengikutimu.

Ketahuilah bahwa nabi yang mulia صلى الله عليه وسلم telah bersabda:

” من كانت الدنيا همه فرق الله عليه أمره وجعل فقره بين عينيه ولم يأته من الدنيا إلا ما كتب له ومن كانت الأخرة نيته جمع الله أمره وجعل غناه في قلبه وأتته الدنيا وهي راغمة “

Artinya: “Barang siapa yang tujuan hidupnya adalah dunia, maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya, menjadikan kefakiran dikedua pelupuk matanya, dan dia tidak mendapatkan dari dunia kecuali apa yang telah Allah tetapkan baginya. Dan barang siapa yang tujuan hidupnya adalah akhirat, maka Allah akan mengumpulkan urusannya, menjadikan kekayaan dihatinya dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan hina.” (H.R. Ahmad 5/183)

نسأل الله تعالى أن ينفعنا ما علمنا ويبارك لنا فيه…..وصلى الله وسلم على نبينا محمد والحمد لله رب العالمين