pencil

Tips Belajar Bahasa Arab Untuk Karyawan

Pertanyaan

Bagaimana seseorang bisa mempelajari bahasa arab dengan efektif? Saya seorang mahasiwa di universitas umum dan juga karyawan kantor bagaimana cara mengatur waktunya. Barakallahufiikum

 

Jawaban

Terima kasih kepada saudara Caesar Fadabi yang sudah melayangkan pertanyaan melalui website safinah.id ini.

Suatu hal yang perlu diapresiasi adalah saat ada seseorang yang tengah padat dengan kesibukan, namun disisi lain sangat bersemangat dalam menuntut ilmi, terlebih bahasa arab.

Secara umum bahasa arab itu mudah diawal, silahkan bisa bertanya kepada siapapun yg pernah belajar bahasa arab, kesulitan dirasakan ketika sudah banyak pelajaran dan bertumpuknya kaidah yang harus diterapkan, namun kebanyakan yang merasa sulit diawal-awal belajar adalah dikarenakan faktor dari dalam diri pembelajar itu sendiri, semisal malas, tidak mengikuti petunjuk guru, tidak fokus, dll.

Sebelumnya saya tidak tahu tentang latar belakang penanya, oleh karenanya saya akan memberikan jawaban umum yg semoga jawaban ini bisa sedikit memberikan pencerahan kepada penanya secara khusus dan para pembaca safinah.id secara umum.

Pertama saya sangat tidak menyarankan sama sekali kepada siapa saja yang ingin belajar bahasa arab untuk belajar secara otodidak, dan ini yang perlu ditanamkan diawal. Carilah guru yang secara khusus mahir dalam bidang ini sehingga mampu mengarahkan pembelajar untuk runut dari pelajaran yang mudah sampai ketingkat sulit.

Selanjutnya, fokus menamatkan sebuah kitab pembelajaran bahasa arab yang dibuat oleh orang arab asli, misal durusullughah ‘al ‘arabiyyah, al ‘arabiyyah lin nasyi’in, al ‘arabiyyah baina yadaik, silsilatu at ta’lim al lughah al ‘arabiyyah. Untuk pemilhan buku yang tepat, ada baiknya dikembalikan ke pengajar yang bersangkutan, biasanya setiap pengajar punya pandangan tersendiri untuk permasalahan ini. Intinya bukan kitab apa yang dipelajari, namun lebih kepada apa yang bisa kita pelajari dan fahami.

Setelah mendapatkan pengajar yang cocok beserta buku panduannya, fokus pada buku tersebut dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Memahami kosa kata pada setiap halamannya, mungkin berupa percakapan atau teks cerita, jangan sampai pindah kehalaman berikutnya dengan meninggalkan kosa kata yang belum difahami.
  2. Fokus pada kaidah di setiap bab yang diisyaratkan pengajar; hafalkan dan fahami maksudnya beserta contohnya.
  3. Ulangi pelajaran yang sudah dipelajari dirumah, dengan cara membaca kembali teks bacaan jika ada dengan suara yang lantang, fahami dan hafalkan kaidah beserta contohnya pada setiap babnya.
  4. Lakukan hal ini dengan berkesinambungan.

 

Sebagai penutup, saya berikan sebuah ungkapan yang diberikan oleh salah seorang dosen saya saat masih duduk dibangku perkuliahan, bahwa “BAHASA ADALAH KEHIDUPAN“. Artinya siapapun yang ingin belajar bahasa jangan pernah merasa puas untuk mendengar, berbicara, membaca atau menulis bahasa yang sedang dipelajari, karena ketika kita meninggalkan 4 hal tersebut maka lambat laun bahasa yang kita miliki akan pupus dan sirna. Usahakan melakukan salah satu dari hal ini mendengar, membaca, berbicara atau menulis.

Untuk tambahan diluar pelajaran ada baiknya didiskusikan dengan pengajar yang mengajar, karna beliau lebih faham perkembangan perserta didiknya. Allahu ‘alam bish shawab.