pencil

Tentang Kami


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله، و الصلاة و السلام على رسول الله، و على آله و صحبه و من تبعهم بإحسان إلى يوم الدين

Tidak ada ungkapan yang lebih pantas kami ucapkan melainkan Alhamdulillah, segala puji bagi Allah semata, yang telah memudahkan kami menghadirkan salah satu sarana membumikan Tauhid di Alam Melayu [Indonesia, Malaysia, Singapura, Pattani, Brunai Darussalam] ini, yaitu sebuah website yang beralamatkan Safinah.Id. Berlayarnya website ini tidak terlepas dari keperihatinan kami terhadap situasi masyarakat Islam di Tanah Air khususnya yang semakin jauh dari nilai-nilai Islam yang murni, umumnya malah lebih menggandrungi praktek-praktek bid’ah dan bahkan kemusyrikan, disadari ataupun tidak. Di samping itu, Safinah.Id adalah sarana bagi kami untuk berkhidmat kepada Islam dan kaum muslimin.

Adapun alasan mengapa kami memilih Safinah.Id sebagai nama website ini, karena beberapa pertimbangan berikut:

  • Isyarat yang terdapat dalam hadits dari Abu Sa’id Al-Khudri –radhiyallahu ‘anhu-, beliau menceritakan, “Aku mendengar Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:


إِنَّمَا مَثَلُ بَيْتِي فِيْكُمْ كَمَثَلِ سَفِيْنَةِ نُوْحٍ، مَنْ رَكِبَهَا نَجَا وَ مَنْ تَخَلَّفَ عَنْهَا غَرِقَ

“Perumpamaan rumahku di tengah-tengah kalian adalah laksana safinah-nya Nuh, barangsiapa yang menaikinya maka ia akan selama, sedangkan siapa yang tertinggal darinya maka ia akan tenggelam.”

  • Safinah merupakan nama salah satu shahabat Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- yang terkenal dengan kisahnya bersama seekor singa. Nama aslinya adalah Mihran, Ruman, atau Qais, ada beberapa pendapat di kalangan ulama. Memiliki kun-yah Abu ‘Abdirrahman. Dahulunya adalah seorang hamba sahaya milik Ummu Salamah, lalu kemudian dimerdekakan oleh tuannya tersebut dengan syarat tetap harus berkhidmat kepada Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam-. Oleh karena itu, beliau lebih dikenal dengan sebutan Safinah Maula Rasulullah, yang berarti Safinah pembantunya Rasulullah. Sebab mengapa beliau diberi gelar, maka pada suatu ketika beliau membawa tali-tali kapal, lalu kemudian Nabi Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam- mengomentarinya, “Engkau inilah safinah [kapal].” Sehingga sejak saat itu gelar itu menempel pada diri beliau. Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Haitsami melalui dua isnad, salah satunya diriwayatkan oleh perawi-perawi yang terpercaya.

Dalam dunia periwayatan, setidaknya para ulama telah mencatat 14 buah hadits darinya yang tersebar di perbagai kitab-kitab hadits selain Shahih Al-Bukhari. Hadits-hadits tersebut diriwayatkan melalui ‘Umar bin Safinah, ‘Abdurrahman bin Safinah, Al-Hasan Al-Bashri, Sa’id bin Jamhan, Muhammad bin Al-Munkadir, Abu Raihana ‘Abdullah bin Mathar, Salim bin ‘Abdullah, Shalih Abul Khail, dan lainnya.

  • Safinah merupakan nama salah satu kitab fiqih madzhab syafi’i yang sangat masyhur di Tanah Air. Memiliki nama lengkap Safinah An-Najah Fima Yajib ‘ala Al-‘Abd li Maulah karya Syaikh Salim bin Sumair Al-Hadhrami Al-Batawi Asy-Syafi’i.
  • Setelah mengadakan permusyawarahan dengan beberapa kawan seperjuangan yang berlangsung beberapa hari lamanya.

Pengelolaan Safinah.Id lebih didominasi oleh ustadz-ustadz alumni Fakultas Syariah Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab [LIPIA] Jakarta, sebuah cabang daripada Universitas Muhammad bin Suud Riyadh-Kerajaan Saudi Arabia. Kemudian berkaitan dengan permasalahan-permasalahan ilmiah yang dianggap pelik, kami telah bekerja sama dengan beberapa guru-guru kami, salah satunya adalah Syaikh Dr. ‘Ashim bin Manshur Aba Husain, untuk mendiskusikannya bersama. Sehingga Safinah.Id bukan sekedar website untuk mengisi waktu luang, namun website yang dikelola dengan kesungguhan oleh para ahli yang mumpuni.

Adapun sosok di belakang Safinah.Id adalah salah seorang saudara kita yang mewakafkan keahliannya dalam bidang dakwah dan kepentingan Islam, beliau adalah Abu ‘Arsyi Syamsul Hadi Baturaja. Beliaulah yang mula-mula menawarkan diri untuk memanfaatkan keahliannya untuk kepentingan dakwah, dalam hal ini adalah sebagai progamer, namun memiliki keterbatasan ilmu. Dari sini kami berusaha menyambut semangatnya dalam berdakwah, dan lahirlah Safinah.Id ini dengan tampilan yang sangat baik nun indah.

Tim Safinah.Id

Dalam mengelola Safinah.Id, kami telah berusaha mendatangkan pakar-pakar yang tergabung dalam team Safinah.Id yang secara ringkas sebagai berikut:

 

Penanggungjawab dan Redaksi

Firman Hidayat Marwadi

 

Kontributor Utama & Dewan Fatwa

Syaikh Dr. ‘Ashim bin Manshur Aba Husain

Syaikh Dr. Muhammad Al-Hasan bin Ahmad Asy-Syinqithi

Rahmat Fitrah Ramadhan, Lc

Fakhrurrazi Hathomi, Lc

Munaji Habibullah Abu Hamzah, Lc

Muhammad Azhar bin Muhsin Ghalib, Lc

Muhammad Hadhrami, Lc

Arief Firmansyah Santoso

Firman Hidayat Marwadi

Al-Hafizh Abu Hudzafah Yana Karyana Alkaff

 

Kontributor Safinah.Id

Abdullah Kornin, Lc

Ahmad Yadi, Lc

Rahmat Fitrah Ramadhan, Lc

Muhammad Fakhrurrazi Hathami, Lc

Soemarno Abu Nizar, Lc

Al-Hafizh Mafruh Jamil, Lc

Violeta (Abdul Fattah), Lc

Munaji Habibullah Abu Hamzah

Nopi Abu Zaid, Lc

Imam Ahmad, Lc

Abdul Muttalib bin ‘Abdullah Mahri, Lc

Rif’an, Lc

Hedi, Lc

Haryanto, Lc

Supriyadi, Lc

Hafizhul Haq, Lc

Affan Fansoeri, Lc

Muhammad Aminuddin, Lc

Dede Saifullah, Lc

Samiaji, Lc

Zaid bin Dadi, Lc

Saiful Ahmad, Lc

Programer

Abu ‘Arsyi Syamsul Hadi Baturaja