Oleh Ustaz Husein Alkaff
Tidak sedikit orang beranggapan bahwa perlawanan Imam Husain bin Ali bin Abi Thalib a.s. terhadap Yazid bin Muawiyah sehingga beliau gugur syahid adalah sebuah tindakan yang tidak diperhitungkan dan tidak benar.
Mengapa? Karena beliau melakukan itu dengan membawa keluarga dan pengikutnya yang berjumlah sedikit sekali, 72orang. Sementara pihak yang dilawannya adalah sebuah pasukan tempur yang bersenjata lengkap; pedang, panah, tombak, dan berjumlah lebih dari seribu.
Anggapan itu sebenarnya tidak mempunyai dasar selain sebuah pengamatan pada pembantaian yang terjadi di padang Karbala saja dengan tanpa melihat apa yang melatarbelakangi perlawanan Imam Husain a.s. dan bagaimana kedudukan beliau sebagai seorang yang paling bertanggung jawab dalam membela kebenaran dan menjaga agama Allah Swt.
Baca: Muharram: Parade Kepala Suci dan Para Tawanan Keluarga Imam Husein
Menilai perlawanan beliau dengan hanya melihat apa yang terjadi di padang Karbala saja akan melahirkan rasa iba dan sedih saja. Kejadian tragis itu tidak akan terjadi jika beliau tidak melakukan perlawanan terhadap Yazid. Karena itu, menurut angggapan ini, seandainya beliau tidak melawan, maka beliau akan selamat dan hidup normal sebagaimana beberapa sahabat Nabi Saw yang sezaman dengan beliau sehingga pada gilirannya tragedi Karbala dan peristiwa-peristiwa yang bermunculan setelah itu hingga saat ini tidak akan pernah ada. Wallahu a’lam
Tragedi Karbala merupakan puncak dari rangkaian peristiwa yang terjadi sebelumnya, dan sebuah konsekuensi dari tanggung jawab seorang yang diamanati untuk menjaga agama Allah Swt dan membela kebenaran. Dua hal ini jika dipelajari dengan baik, maka anggapan di atas jelas tidak benar.
Pilihan-Pilihan
Ringkas cerita. Setelah Muawiyah mati, Yazid melalui para pembantunya mendesak Imam Husain a.s. agar berbaiat kepadanya. Jika Imam Husain a.s. menolak, maka beliau akan dibunuh. Beliau dihadapkan pada dua pilihan; berbaiat atau dibunuh.
Dengan melihat kedudukan beliau sebagai orang yang bertanggung jawab menjaga agama Allah Swt, maka untuk menentukan salah satu dari dua pilihan itu tidaklah sulit. Berbaiat kepada Yazid dipastikan bukan sebuah pilihan yang benar karena track record Yazid dan ayahnya yang dengan jelas telah menyimpang dari ajaran Islam, dan dia merupakan akhir dari upaya kelompok thulaqa’ Quraisy untuk menghilangkan agama Islam.
Baca: Pergerakan Imam Husein as Sebuah Taklif
Jika Imam Husain a.s. berbaiat kepada Yazid, maka upaya Yazid menghapus Islam akan berjalan lancar dan tanpa sebuah hambatan. Karena itu, beliau menolak mentah-mentah untuk berbaiat. Ucapan beliau yang berbunyi, “Orang semacamku tidak akan membay’at Yazid”, menunjukkan penolakan baiat secara tegas. Dengan menolak baiat, maka beliau harus siap menghadapi pembunuhan dari Yazid. Dengan demikian, beliau memilih untuk dibunuh dari pada berbaiat, dan ini adalah pilihan beliau yang pertama.
Imam Husain a.s. paham dengan baik bahwa beliau pasti akan dibunuh oleh Yazid. Hal itu terucapkan dalam lisan beliau, “Allah menghendakiku mati syahid”. Kemudian pilihan berikutnya adalah terbunuh dengan pasrah atau terbunuh dengan melawan. Imam Husain a.s. tidak ingin terbunuh secara sukarela karena terbunuh dengan pasrah begitu saja, selain bukan watak putra Haidar (Singa Islam), tidak akan memberikan pelajaran heroisme dan harga diri yang mulia bagi umat Islam. Toh, baik pasrah ataupun melawan sama saja hasilnya yaitu terbunuh. Tentu terbunuh dengan melawan mempunyai nilai yang jauh lebih mulia ketimbang terbunuh tanpa perlawanan. Karena itu, beliau memilih untuk terbunuh dalam keadaan melawan.
Imam Husain a.s. dengan pasti memilih terbunuh dengan melawan. Karena itu, beliau melakukan upaya perlawanan terhadap Yazid dan hal itu beliau nyatakan dalam berbagai ucapannya selama di Mekah. Selama di Mekah dan saat menjelang haji, beliau menyampaikan kepada para jamaah haji yang datang dari berbagai daerah tentang kondisi umat dan bahaya yang mengancam Islam jika Yazid dibiarkan berkuasa.
Tekad dan gerakan beliau untuk melawan Yazid sampai kepada masyarakat Kufah. Mereka meminta kepada beliau untuk datang ke Kufah dan menyatakan kesiapan mereka untuk mendukung beliau. Kesiapan mereka dibuktikan dengan mengirim surat dan utusan kepada beliau. Beliau tidak cukup percaya dengan mereka hingga beliau mengutus Muslim bin Agil untuk memastikan kesiapan mereka dalam mendukung beliau untuk melawan Yazid.
Dalam perkembangan berikutnya, karena satu dan lain hal banyak dari masyarakat Kufah mundur dari dukungan mereka itu sementara Imam Husain a.s. sudah bergerak menuju Kufah.
Di tengah perjalanan antara Mekah dan Kufah, tepatnya padang Karbala, beliau dihadang oleh pasukan Umar bin Sa’ad. Umar bin Sa’ad menyampaikan pesan dari Ubaidillah bin Ziyad, wali kota Kufah dan Basrah, kepada beliau agar berbaiat kepada Yazid atau dibunuh. Beliau pun kembali menegaskan untuk menolak baiat. Dua pilihan yang sama dan sikap beliau yang sama pula. Tidak ada yang berubah.
Baca: Jalinan Ruh Suci Imam Husein a.s. dengan Allah Kekasihnya Lewat Lantunan Doa
Pada saat itu, Imam Husain a.s. tidak dalam kondisi siap perang karena beliau berencana ke Kufah. Karena itu, beliau meminta kepada Umar bin Sa’ad agar diizinkan kembali ke Medinah. Namun Umar tidak mengizinkannya. Tinggal satu pilihan bagi beliau yaitu dibunuh.
Dalam situasi seperti ini, beliaupun tetap tidak pasrah dan menyerah. Beliau dengan orang-orang yang bersama beliau sebanyak tujuh puluh dua orang melakukan perlawanan dengan gagah perkasa, dan akhirnya beliau gugur dengan terhormat. Beliau telah memilih terbunuh terhormat dari pada terbunuh tak terhormat. Beliau telah memilih sikap yang benar dan memilih cara terbunuh yang terbaik.
Salam padamu hai orang yang terbunuh dengan darah yang tersimbah dan kepala terpisah.