Sejatinya seseorang yang merenungkan perjalanan hidup penghulu syuhada, Imam Husein a.s.; doa-doa mulianya; ungkapan-ungkapannya; dan sikap-sikapnya terutama fase demi fase hari Asyura (10 Muharram 61 H), niscaya dia akan menemukan keagungan hubungan ruh suci ini dengan Kekasihnya Swt.
Dengan demikian, seorang insan tidak merasa aneh dengan pengorbanan abadi beliau a.s. di bumi Karbala pada hari Asyura, sebab pengorbanan itu lahir dari hubungan yang mendalam dan kokoh dengan Allah Swt.
Salah satu manifestasi hubungan ini ialah saat seseorang berkata kepada Abu ‘Abdillah al-Husein a.s., “Betapa agung rasa takutmu terhadap Tuhanmu!” Imam Husein a.s. berkata, “Tiada yang selamat pada hari Kiamat kecuali orang yang takut kepada Allah di dunia.” [1]
Imam Husein a.s. telah menyingkap hubungannya yang mendalam kepada Allah Swt pada siang hari Asyura. Beliau meminta kelompok musuh untuk berhenti memeranginya. Bahkan beliau berdoa kepada Allah Swt pada saat-saat kondisi sangat genting sekali pun.
Baca: Infografis: Pergerakan Imam Husein ‘alayhissalam
Imam Husein a.s. Mewanti-wanti Agar Tidak Meremehkan Doa
Imam Husein a.s. berkata, “Sesungguhnya Allah Swt menyembunyikan empat hal pada empat hal:
1. Menyembunyikan rida-Nya pada kebajikan, maka itu janganlah meremehkan kebaikan, sebab dia tidak tahu rida Allah Swt berlaku;
2. Menyembunyikan murka-Nya pada keburukan, maka itu janganlah meremehkan keburukan, sebab dia tidak tahu murka Allah Swt berlaku;
3. Menyembunyikan para wali-Nya di antara manusia, maka itu janganlah meremehkan salah satu dari kalian, sebab boleh jadi seseorang hampir menjadi wali Allah;
4. Menyembunyikan terkabulnya doa, maka itu janganlah meremehkan doa seseorang, sebab dia tidak tahu boleh jadi doanya diterima.”.
Beberapa Contoh Doa Imam Husein a.s.[2]
Beberapa Conntoh Imam Husein a.s
Doa-doa Imam Husein a.s. memiliki kandungan pelbagai makrifat dan hal-hal terkait tauhid, irfan, tawakal, moral dan jalan hidup.
1. Doa Arafah
Doa ini merupakan salah satu doa penting yang agung dari lisan mulia Imam Husein a.s. Kita mendapati adanya hubungan antara doa-doa Imam Husein a.s., terlebih doa Arafah, dengan apa yang beliau persembahkan pada hari Asyura. Seluruh makna tauhid sangat kentara pada doa Arafah ini.
Baca: Hujjah Kebangkitan Imam Husein Melawan Kezaliman Yazid dan Bani Umayah
Beliau a.s. berdoa,
وَ أَنَا أُشْهِدُكَ، يَا إِلٰهِيْ، بِحَقِيقَةِ إِيْمَانِيْ، وَعَقْدِ عَزَمَاتِ يَقِيْنِيْ، وَخَالِصِ صَرِيْحِ تَوْحِيْدِيْ، وَ بَاطِنِ مَكْنُوْنِ ضَمِيْرِيْ، وَ عَلَائِقِ مَجَارِيْ نُوْرِ بَصَرِيْ، وَ أَسَارِيْرِ صَفْحَةِ جَبِيْنِي… وَ مَاضَمَّتْ وَ أَطْبَقَتْ عَلَيْهِ شَفَتَايَ، وَ حَرَكَاتِ لَفْظِ لِسَانِيْ… وَمَا اشْتَمَلَ عَلَيْهِ تَامُوْرُ صَدْرِيْ، وَ نِيَاطُ حِجَابِ قَلْبِيْ، وَأَفْلَاذُ حَوَاشِيْ كَبِدِيْ… وَجَمِيْعُ جَوَارِحِيْ…
Wahai Tuhanku, aku bersaksi demi hakikat imanku, demi tali simpul keyakinanku yang kuat, demi kemurnian tegas tauhidku, demi apa yang ada dalam batin hati kecilku yang paling dalam, demi apa yang terlihat oleh mataku, demi apa yang disentuh dahiku,… demi apa yang dapat dihimpun dan dirangkai dua bibirku, demi apa yang diucapkan lidahku… demi apa yang terhimpun dalam dadaku, demi apa yang mengalir dalam urat jantungku, demi kejauhan hijab hatiku, demi gumpalan-gumpalan yang mengitari jantungku,.. demi organ-organ tubuhku…[3]
2. Doa pada Hari Asyura
Imam Husein a.s. memiliki doa khas pada fase demi fase di hari Asyura:
a. Saat seekor kuda menghampirinya, beliau mengangkat tangannya seraya berdoa,
اَللّٰهُمَّ، أَنْتَ ثِقَتِيْ فِيْ كُلِّ كَرْبٍ، وَ رَجَائِيْ فِيْ كُلِّ شِدَّةٍ، وَ أَنْتَ لِي فِي كُلِّ أَمْرٍ نَزَلَ بِيْ ثِقَةٌ وَعُدَّةٌ، كَمْ مِنْ هّمٍّ يَضْعُفُ فِيْهِ الْفُؤَادُ، وَ تَقِلُّ فِيْهِ الْحِيْلَةُ، وَ يَخْذُلُ فِيْهِ الصَّدِيْقُ، وَ يَشْمُتُ فِيْهِ الْعَدُوُّ، أَنْزَلْتُهُ بِكَ، وَ شَكَوْتُهُ إِلَيْكَ، رَغْبَةً مِنِّيْ إِلَيْكَ عَمَّنْ سِوَاكَ، فَفَرَّجْتَهُ وَ كَشَفْتَهُ، وَ أَنْتَ وَلِيُّ كُلِّ نِعْمَةٍ، وَ صَاحِبُ كُلِّ حَسَنَةٍ، وَ مُنْتَهَى كُلِّ رَغْبَةٍ.
Ya Allah Engkau Andalanku dalam setiap bencana, dan Harapanku dalam setiap kesulitan. Engkau Andalan dan Bekalku dalam setiap urusan yang menimpaku. Betapa banyak kesusahan yang hati menjadi lemah, daya menjadi lumpuh, kawan menjadi khianat dan musuh menjadi senang. Aku datang kepada-Mu, aku mengadukannya kepada-Mu sebagai harapanku kepada-Mu dari selain-Mu. Lalu Engkau berikan jalan keluar dan menghilangkannya. Engkaulah Pemberi segala kenikmatan, Pemilik segala kebaikan dan Puncak segala harapan.[4]
b. Saat menjelang syahadahnya, beliau berdoa:
اَللّٰهُمَّ ، مُتَعَالِي الـْمَكَانِ، عَظِيْمُ الْجَبَرُوْتِ، شَدِيْدُ الْـمِحَالِ، غَنِيٌّ عَنِ الْخَلَائِقِ، عَرِيْضُ الْكِبْرِيَاءِ، قَادِرٌ عَلَى مَا يَشَاءُ، قَرِيْبُ الرَّحْمَةِ، صَادِقِ الْوَعْدِ، سَابِقُ النِّعْمَةِ، حَسَنُ الْبَلَاءِ، قَرِيْبٌ إِذَا دُعِيْتَ، مُحِيْطٌ بِمَا خَلَقْتَ، قَابِلُ التَّوْبَةَ لِـمَنْ تَابَ إِلَيْكَ،…
Ya Allah, Mahatinggi kedudukan-Nya, Mahaagung otoritas-Nya, Mahapedih siksa-Nya, Mahakaya dari ciptaan-Nya, Mahaluas kebesaran-Nya, Mahakuasa atas segala yang Dia kehendaki, Mahadekat rahmat-Nya, Mahabenar janji-Nya, Mahacepat nikmat-Nya, Mahaindah ujian-Nya, Mahadekat bila diminta, Maha Meliputi segala yang Engkau cipta, Maha Menerima taubat orang-orang yang kembali kepada-Mu.[5]
c. Setelah tersungkur di atas tanah, berlumuran darah yang bercampur tanah, dengan napasnya yang tersisa beliau menatap langit dengan pelupuk matanya seraya berdoa dengan suara parau,
يَا إِلٰهِيْ، صَبْرًا عَلَى قَضَائِكَ، وَلَا مَعْبُوْدَ سِوَاكَ، يَا غِيَاثَ الْـمُسْتَغِيْثِيْنَ…
Ilahi, aku bersabar atas keputusan-Mu dan tiada yang disembah selain-Mu, wahai Penolong orang-orang yang memohon pertolongan..[6]
Semoga Allah senantiasa memberi taufik kepada kita agar mampu memetik hikmah dari tragedi Karbala dan Imam Husein a.s. sebagai sosok yang disebut oleh Rasulullah Saw, “Husein dariku dan aku dari Husein,” yang tentunya memiliki rahasia tidak terbatas dan tiada pernah habis untuk direnungkan hingga Hari Pembalasan.
Catatan Kaki:
[1] Allamah al-Majlisi, Bihār al-Anwār, j. 44, h. 192.
[2] Allamah al-Karajiki, Ma’din al-Jawāhir wa Riyādhah al-Khawāthir, j. 1, h. 42.
[3] Allamah al-Majlisi, Bihār al-Anwār, j. 94, h. 316
[4] Syekh al-Mufid, al-Irsyād, j. 2, h. 95.
[5] Allamah al-Majlisi, Bihār al-Anwār, j. 98, h. 347.
[6] Sulaiman bin Ibrahim al-Qunduzi al-Hanafi, Yanābi’ al-Mawaddah lidzawī al-Qurbā, j. 3, h. 82.