Allah swt dalam al-Quran karim dengan jelas dan gamblang menyebutkan bahwa Sayyidah Maryam sa adalah wanita termulia di muka bumi. Akan tetapi mengapa Syi’ah menganggap bahwa wanita termulia itu Sayyidah Fathimah sa?
Satu-satunya wanita yang disebutkan namanya secara khusus di dalam al-Quran dan disebutkan dengan penuh penghormatan dialah Sayyidah Maryam sa.
Allah berfirman di dalam surah Ali Imran ayat 42:
وَ اِذْ قالَتِ المَلائِكَةُ يا مَرْيَمُ اِنّ الله اصْطَفاكِ و طَهَّرَكِ واصْطَفاكِ عَلي نِساءِ العالمين
Dan (ingatlah) ketika Malaikat ( Jibril ) berkata:” Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, menyucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita seluruh dunia.
Kalimat وإذ قالت الملائكة يا مريم…… itu menjelaskan bahwa malaikat berbicara dengan Sayyidah Maryam. Ini juga membuktikan bahwa bisa saja manusia biasa non Nabi / Rasul berdialog atau mendengar ucapan malaikat. Kalimat ini pula menunjukkan akan kemuliaan Sayyidah Maryam.
اِنَّ اللهَ اصْطَفاكِ وَ طَهَّرَكِ
Malaikat memberikan kabar gembira kepadanya bahwa Allah telah memilihnya dan mensucikannya, karena keimanan, ibadah dan ketakwaannya akhirnya dia terpilih menjadi wanita yang melahirkan Nabi Isa as dari rahimnya.
واصْطَفاكِ عَلي نِساءِ العالَمين
Kemudian untuk yang kedua kalinya kalimat ini diulang. Malaikat berkata: Allah memilihmu dari semua wanita yang ada di dunia. Kalimat pertama hanya menunjukkan tentang sifat mulia Sayyidah Maryam. Sedangkan jumlah yang kedua menunjukkan kemuliaan Sayyidah Maryam dibandingkan dengan seluruh wanita di masanya.
Ayat ini membuktikan bahwa Sayyidah Maryam adalah wanita termulia di dunia pada masanya. Dan pemahaman ini tidak bertentangan dengan keyakinan bahwa Sayyidah Fathimah adalah wanita termulia di alam, karena di dalam banyak riwayat dari Rasul saw dan Imam Shadiq AS:
اما مريم كانت سيدةُ نساء زمانها، اما فاطمة فهي سيدة نساء العالمين من الاولين والاخرين
Adapun Maryam adalah wanita termulia di zamannya. Sedangkan Fathimah dia adalah wanita termulia dari awal hingga akhir zaman.
Imam Baqir as juga bersabda:
معني الآية اصطفاك من ذرية الانبياء وطَهرك من النصاح اصطفاك لولادة عيسي ـ عليه السلام ـ من غير فحل»
Makna ayat ini adalah Sayyidah Maryam terpilih dari sekian banyak dzurriyah / keturunan para nabi dan beliau wanita yang disucikan untuk dapat melahirkan nabi Isa a.s. tanpa seorang pasangan / suami .
Adapun kata العالمين dalam ayat yang sedang dibahas tidak bertentangan dengan apa yang kita katakan. Karena kata العالمين di dalam al-Quran dan dalam ungkapan sehari-hari bermaksud mereka yang hidup di masa tertentu. Seperti dalam cerita bani israil و اني فضّلتكم علي العالمين “dan aku pilih / utamakan kalian atas seluruh alam”, jelas bahwa yang dimaksud dengan yang terbaik adalah orang-orang mukmin dari bani israil lebih baik dari manusia-manusia lain di masannya yang tidak mukmin.
Kesimpulannya dengan memperhatikan riwayat dari rasul dan para Imam a.s ayat tersebut menunjukkan bahwa Sayyidah Maryam paling mulianya wanita di masanya sedangkan Sayyidah Fathimah sa adalah wanita termulia di sepanjang masa.
{Sumber: http://www.andisheqom.com}
Refrensi:
- Makarim sirazi, Tafsir Nemuneh, Teheran, Darul kutub al Islamiah, cetakan ke 16, 1362,jilid 2, hal 409
- Fadhl bin Hasan Tobarsi, Majma` al-bayan, Qum, Nasir khusru, cetakan ke 5, 1376, jilid 2, hal 746.